Teknologi Komunikasi 1


Key2SafeDriving : Teknologi Bluetooth yang Mencegah Ber-SMS Saat Berkendara
Eric Bland, Discovery News


Februari 2009- Utah Company menggunakan teknologi bluetooth untuk menciptakan mode “driving” yang membuat orang tidak dapat bersms atau menjawab panggilan saat berkendara; Key2SafeDriving

Menjawab telepon atau mengetik sms sambil berkendara dapat menyebabkan kecelakaan. Setiap tahun lebih dari 330.000 orang terluka karena kecelakaan mobil yang disebabkan penggunaan ponsel. Penelitian terakhir menunjukkan bahwa berbicara atau bersms menggunakan ponsel sama bahayanya dengan menyetir sambil mabuk.

Beberapa negara membuat undang-undang yang melarang orang menggunakan ponsel sambil berkendara atau mengharuskan pengunaan headset. Teknologi bluetooth ini juga telah digunakan mengembangkan headset.

Fungsi
Para peneliti kembali mengembangkan sebuah peralatan berteknologi bluetooth untuk menyelesaikan persoalan ini. Begitu tombol alat ini ditekan, sebuah kunci akan keluar dan mengaktifkan teknologi bluetooth yang akan ‘mencari’ ponsel dan mengubahnya menjadi mode ‘driving’.

Saat berada dalam mode ‘driving’, secara otomatis ponsel akan menjawab sms dan panggilan yang masuk dengan “I am driving now. I will call you later when I arrive at destination safely.” Hanya panggilan darurat saja yang dapat dilakukan.Saat orang tersebut mematikan mobil, kunci menjadi tidak aktif dan mengubah mode ponsel kembali normal.

Dampak
Beberapa orang mungkin berpendapat alat ini menghentikan orang untuk berkomunikasi –dengan memblokir telepon masuk-. Namun, jika dilihat dari perspektif lain, menurut kami alat ini merupakan sebuah inovasi dimana orang dapat tetap berkomunikasi dengan aman.

Walaupun pengendara tidak dapat membaca pesan (sms) masuk secara seketika, tidak berarti orang tersebut tidak memeroleh pesan. Hanya saja waktunya yang tertunda. Sementara itu juga, pengirim pesan memeroleh sms balasan sehingga ia mengerti alasan mengapa pengendara tidak membalas smsnya. Hal ini dapat menghindari kesalahpahaman.

Tentu saja setiap teknologi mempunyai kekurangan. Dengan memblokir panggilan masuk, pengendara tidak dapat menjawab telepon. (walau penelepon menerima pesan “I am driving…” Sebuah hal yang sebenarnya dapat dilakukan jika menggunakan headset biasa.


Sumber: http://dsc.discovery.com/news/2009/02/04/texting-driving.html

0 comments:



Posting Komentar